Sering Sakit Perut Sebelah Kiri Waspadai Penyakit Ini

ORDER CEPAT INVITE KAMI KLIK DIBAWAH INI
sms otomatis
bbm otomatisFriends Added

Sering Sakit Perut Sebelah Kiri Waspadai Penyakit Ini

Sakit perut menduduki jajaran teratas di antara tanda-tanda-gejala paling generik yg mengakibatkan orang-orang mencari pertolongan medis. Sayangnya, hanya mendeskripsikan tanda-tanda menjadi “sakit perut”, “nyeri perut”, “perut melilit” kadang masih kurang khusus. Sakit perut bisa datang ditemani oleh barisan syarat lain yang berkisar berdasarkan ringan sampai mengancam nyawa.

Dokter dapat mempersempit kecurigaan penyebab sakit perut Anda dengan mempertimbangkan lokasi rasa sakitnya. Lalu, apa merupakan jika Anda mengeluhkan sakit perut sebelah kiri?

Penyakit apa saja yg ditandai dengan sakit perut sebelah kiri?

Sakit pada sisi kiri perut dapat ditimbulkan oleh kasus pada organ dan struktur pada bagian kiri perut juga dampak berdasarkan kasus organ lain yang terletak jauh berdasarkan perut.

1. Sembelit

Sembelit bisa ditandai dengan sensasi sakit perut sebelah kiri. Selain rasa sakit, sembelit bisa mengakibatkan ketidaklancaran BAB, perasaan kembung, dan berkurangnya berat badan.

2. Radang usus buntu

Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit mendadak yang dimulai pada sebelah kanan bawah perut. Tetapi dalam kebanyakan orang, rasa sakitnya mulai terasa pada lebih kurang pusar & bergerak ke perut sebelah kiri. Seiring memburuknya peradangan, nyeri usus buntu umumnya semakin tinggi & akhirnya semakin parah. Pengobatan baku menurut kondisi ini adalah operasi pengangkatan usus buntu.

3. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn menyebabkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan Anda, yg bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri bagian bawah, diare berat, kelelahan, penurunan berat badan, & kekurangan gizi.

Peradangan yg disebabkan sang penyakit Crohn dapat melibatkan berbagai area dalam saluran pencernaan dalam orang yang berbeda. Peradangan seringnya menyebar jauh ke pada lapisan jaringan usus yang bermasalah. Penyakit Crohn bisa sangat menyakitkan & melemahkan, & kadang bisa mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun sampai saat ini tidak terdapat obat yang dikenal buat penyakit Crohn, terapi dapat mengurangi pertanda & gejalanya secara drastis & bahkan membawa remisi jangka panjang.

4. Divertikulitis

Divertikula merupakan kantung mini membuncit yang dapat terbentuk pada lapisan sistem pencernaan Anda. Kantung ini paling acapkali ditemukan di bagian bawah usus besar . Divertikula adalah syarat generik terutama sehabis usia 40-an, dan sporadis mengakibatkan perkara.

Namun, terkadang divertikula sanggup meradang & terinfeksi, hingga bahkan pecah. Peradangan ini diklaim divertikulitis. Divertikulitis dapat mengakibatkan sakit perut parah yg konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi dapat terjadi pada sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri, divertikulitis juga dapat mengakibatkan bengkak di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar dalam kebiasaan buang air akbar Anda (diare berdarah sporadik).

Divertikulitis ringan mampu diobati menggunakan istirahat, perubahan pola & sajian makan, serta antibiotik. Divertikulitis parah atau berulang mungkin memerlukan operasi.

5. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus akbar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS pula bisa menyebabkan perkara pergerakan usus, mulai berdasarkan sembelit hingga diare.

6. Infeksi kandung kemih (cystitis)

Cystitis merupakan istilah yg mendeskripsikan peradangan kandung kemih. Pada umumnya, peradangan ditimbulkan sang infeksi bakteri, dan termasuk dalam infeksi saluran kencing.

Infeksi kandung kemih dapat terasa menyakitkan dan mengganggu, dan bisa sebagai masalah kesehatan berfokus apabila peradangan menyebar ke ginjal. Cystitis dapat mengakibatkan sakit perut sebelah kiri bawah, sensasi terbakar ketika buang air kecil atau dorongan buang air kecil berulang, serta ketidaknyamanan panggul.

Penyebab peradangan kurang umum lainnya adalah reaksi dampak samping obat, terapi radiasi, atau iritan potensial, seperti vaginal douche, lubrikan spermisida, atau penggunaan kateter jangka panjang. Cystitis juga bisa menadi komplikasi berdasarkan penyakit lain.

7. Penyakit ginjal

Batu ginjal umumnya ditimbulkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi jua sanggup sebagai penyebab batu ginjal. Gejala umum dari syarat ini merupakan sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Sakit perut sebelah kiri bawah juga bisa disebabkan sang infeksi pada ginjal. Peradangan umumnya dimulai berdasarkan kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut pula bisa dirasakan bersama cita-cita buang air kecil terus-menerus, sensasi panas ketika buang air mini , dan hematuria (urin berdarah) di antara tanda-tanda-tanda-tanda lainnya.

8. Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan jaringan dinding rahim (endometrium) yang bertumbuh di luar rahim. Endometriosis paling seringkali memengaruhi indung telur, tuba falopi, & jaringan pelapis panggul. Pada perkara langka, jaringan endometrium bisa bertumbuh menyebar ke luar organ panggul.

Gejala primer endometriosis merupakan nyeri panggul, yang sering terkait menggunakan nyeri PMS. Meski tidak sedikit wanita yg mengalami nyeri dan kram perut selama menstruasi, wanita yang memiliki endometriosis umumnya mendeskripsikan rasa sakit yg amat dashyat, jauh lebih jelek menurut biasanya. Rasa sakit jua dilaporkan semakin memburuk dari saat ke waktu.

9. Hernia

Hernia adalah pembengkakan jaringan lunak, umumnya usus, yg mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan yang dihasilkan bisa mengakibatkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika Anda batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Kadang, dalam laki-laki rasa sakit & bengkaknya menyebar sampai ke kurang lebih testis saat tonjolan usus makin turun ke dalam butir zakar.

Hernia tidak selalu berbahaya. Tetapi, kondisi ini nggak bisa sembuh sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi fatal bila nggak ditangani. Dokter mungkin menyarankan operasi buat memperbaiki hernia inguinalis yg meyakitkan atau semakin membesar.

10. Kista indung rahim

Kista indung rahim adalah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yg bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Wanita memiliki satu pasang indung rahim — masing-masing berukuran sebanyak kacang almond — yg terletak pada setiap sisi rahim. Banyak perempuan memiliki kista indung rahim dalam beberapa titik selama hayati mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit membuat, atau nggak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan pada beberapa bulan.

Tetapi, kista ovarium — terutama yg sudah pecah — kadang membentuk tanda-tanda serius misalnya sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yg parah dan menyerang datang-tiba, perut yg parah, atau rasa sakit yg disertai demam atau muntah. Tanda & gejala ini — gejala generik yang mewakili trauma seperti panas dingin, kulit lembab; napas cepat; & kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan — memperlihatkan keadaan darurat & memerlukan perhatian medis segera.

11. Hematoma otot perut

Ketika Anda mempunyai penggumpalan darah pada luar pembuluh darah (hematom) pada otot perut sebelah kiri, hal ini bisa mengakibatkan Anda mengalami sakit perut sebelah kiri bagian bawah. Penggumpalan darah di otot perut terjadi ketika pembuluh darah pada pangkal paha berkecimpung ke perut dan rusak. Darah kemudian bocor mengalir ke bawah otot di sepanjang perut sehingga menyebabkan nyeri.

12. Ulcerative colitis

Ulcerative Colitis (UC) merupakan penyakit yang mengakibatkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala & keluhan yg paling sering dilaporkan adalah sakit perut dan diare, feses berdarah & berlendir. Buang air akbar dapat menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang disebabkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam.

UC bisa melemahkan dan kadang dapat mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun nggak diketahui obatnya, pengobatan bisa sangat mengurangi tanda dan tanda-tanda penyakit, dan bahkan membawa remisi jangka panjang.

13. Aneurisma aorta perut

Aneurisma aorta perut adalah pembesaran pada bagian bawah aorta, pembuluh darah primer yang memasok darah ke tubuh. Aorta, kira-kira setebal selang taman, menjalar menurut jantung melalui sentra dada & perut. Lantaran aorta merupakan pemasok utama darah pada tubuh, aneurisma aorta perut yang pecah mampu mengakibatkan perdarahan yg mengancam jiwa.

Seiring aneurisma aorta perut mengembang, beberapa orang mungkin mengeluhkan nyeri yg kontinu & mendalam pada perut, atau di salah satu sisi perut Anda; sensasi berdenyut di dekat pusar; dan nyeri punggung. Cari donasi medis segera.

Setelah aneurisma aorta perut ditemukan, dokter akan memantau perkembangannya sehingga operasi dapat direncanakan jika benar-benar dibutuhkan. Operasi darurat buat aneurisma aorta perut yang pecah bisa berisiko tinggi.

14. Kanker perut

Masalah usus selain divertikulitis juga bisa mengakibatkan sakit perut sebelah kiri bawah dan nyeri punggung, contohnya kanker usus & pankreas.

Gejala kanker termasuk perubahan norma buang air besar (sembelit semakin tinggi), perubahan konsistensi feses, perut kembung dan/atau feses berdarah, penurunan berat badan, nafsu makan memburuk, dan perasaan lemah umum. Gejala akan bertahan selama beberapa bulan. Kanker akan menyebabkan sakit perut sebelah kiri menjalar ke bagian atas ketika sel-sel kanker mulai memengaruhi organ lainnya. Ketika kanker menghipnotis ekor, ketua, atau tubuh pankreas, Anda akan mengalami sakit perut sebelah kiri.

Sangat krusial buat diingat bahwa penurunan berat badan, perubahan kebiasaan buang air besar , & kehilangan nafsu makan merupakan sejumlah tanda-tanda yang pula mewakili syarat lain misalnya ulcerative colitis, sembelit kronis, IBS, celiac, & penyakit Crohn. Sangat dianjurkan buat berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami salah satu tanda-tanda pada atas.

15. Angina

Angina merupakan istilah yang digunakan buat nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya genre darah ke otot jantung. Angina adalah gejala menurut penyakit arteri koroner. Angina umumnya digambarkan menjadi meremas, tekanan, berat, sesak atau sakit di dada Anda. Angina, juga diklaim angina pectoris, bisa sebagai kasus yang berulang atau datang-tiba, perkara kesehatan akut.

Gejala angina yang dimiliki wanita dapat tidak sama dari tanda-tanda angina klasik. Misalnya, wanita akan lebih acapkali memberitahuakn tanda-tanda misalnya mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yg terasa menusuk bukan menekan dada yg umum. Perbedaan ini dapat menyebabkan keterlambatan pada mencari pengobatan.

Angina relatif umum tetapi bisa sulit buat membedakan berdasarkan nyeri dada lainnya, seperti rasa sakit atau ketidaknyamanan dari gangguan pencernaan. Apabila Anda memiliki nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan, cari pertolongan medis segera.

16. Pneumonia

Pneumonia yg memengaruhi lobus kiri bawah paru-paru — terletak pada atas diafragma — merupakan pertimbangan galat satu penyebab lain menurut keluhan sakit perut sebelah kiri atas. Batuk, kesulitan bernapas, dan demam merupakan tanda dan gejala klasik menurut pneumonia. Peradangan selaput dada (peradangan yang memengaruhi jaringan pelapis paru dan garis dinding dada) juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas yang terasa tajam ketika paru kiri yg terpengaruh. Rasa sakit biasanya tajam & mengikuti setiap tarikan napas pada, batuk, & bersin.

17. Gastritis

Gastritis menggambarkan sekelompok syarat dengan satu kesamaan: peradangan lapisan lambung. Gastritis paling seringkali diakibatkan oleh infeksi menggunakan bakteri yang sama dengan penyebab maag paling generik. Cedera, biasa memakai obat penghilang rasa sakit eksklusif, dan minum terlalu banyak alkohol jua dapat berkontribusi buat gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa menggerogoti atau terbakar (yg mungkin membaik sehabis makan), mual dan muntah, dan perasaan perut atas penuh sesudah makan.

Gastritis dapat terjadi tiba-datang (gastritis akut), atau bisa terjadi perlahan menurut ketika ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa masalah, gastritis bisa menyebabkan borok dan peningkatan risiko kanker perut. Bagi kebanyakan orang gastritis nggak berfokus dan dapat cepat pulih menggunakan pengobatan.

18. Kehamilan ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak bisa menjadi dampak menurut kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam pada luar rahim, umumnya pada pada tabung rahim alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yg berisiko tinggi, & menyebabkan gejala nyeri di sisi di mana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi dalam perut bagian bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan vagina abnormal, & nyeri payudara. Ketika terdapat kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.

19. Pankreatitis akut

Pankreatitis akut adalah peradangan yang menyakitkan berdasarkan pankreas, yg terletak pada sisi kiri atas perut Anda. Keluhan biasa terjadi mendadak & mengakibatkan nyeri di wilayah perut permukaan (atau epigastrium). Nyeri sering menjalar ke punggung.

Pankreatitis akut jua bisa melibatkan organ lain. Kondisi ini juga dapat berkembang sebagai pankreatitis kronis jika Anda memiliki keluhan menetap & berlanjut.

ORDER CEPAT INVITE KAMI KLIK DIBAWAH INI
sms otomatis
bbm otomatisFriends Added

0 Response to "Sering Sakit Perut Sebelah Kiri Waspadai Penyakit Ini"

Post a Comment